Kamis, 13 Oktober 2011

Mengenai Multi Touch ( layar multi sentuh )


Cara Kerja Permukaan Multi Sentuh

            Saat ini telah banyak perangkat penampil berdimensi besar dengan kemampuan multi sentuh ( multi touch ). Perangkat tersebut dapat menempel pada dinding atau berdiri vertikal sementara perangkat lainnya berbentuk meja sentuh. Masing – masing perangkat tersebut bekerja dengan cara yang sedikit berbeda. Nah, mau tau bagaimana hal itu bisa bekerja, berikut ini uraiannya.

Sentuhan Jari
            Layar multi sentuh ini merespon dari gerakan da tekanan dari banyak jari. Dalam perspektif desain piksel, proyektor mengirimkan image atau gambar melalui layar akrilik menuju permukaan yang dapat dilihat oleh pemirsa atau pengguna.
            Saat jari –jari atau obyek lainnya seperti stylus menyentuh permukaan, cahaya infrared yang bersinar memasuki lapisan akrilik yang disebar oleh LED dan kembali ke sensor. Software atau program khusus menerjemahkan data sebagai gerakan jari tersebut. Sedangkan  mengetukkan layar dapat diterjemahkan sebagai perintah menu.
            Untuk menciptakan sinyal, LED memantulkan cahaya melalui lapisan akrilik. Tetapi jika sebuah jari diletakkan kembali pada permukaan, cahaya akan berhenti memancar menuju sensor. Juga jika tekanan sensitif dengan lembut atau keras akan membuat pancaran sinyal menjadi terang dan redup sehingga komputer menerjemahkannya sebagai bertekanan atau tidak.

Meja Sentuh
            Meja sentuh uang akan di jelaskan ini mengambil contoh meja sentuh yang telah dikembangkan oleh Microsoft. Sebuah proyektor yang terdapat pada meja multi sentuh Microsoft, disebut Permukaan, mengirimkan perbandingaan melalui permukaan akrilik. Sebuah LED bersinar menyerupai cahaya infrared, akan mereflesikan sejumlah objek yang tak terlihat dan mengirimkannya ke banyak kamera infrared. Sementara itu, sebuah layar komputer akan merefleksikan itu semua untuk membaca gerakan dari jari – jari yang ada.

Sumber : Majalah Pulsa Edisi 214

Tidak ada komentar:

Posting Komentar