Tugas : Contoh Proposal
Penelitian
Judul Penelitian : Pemanfaatan Mesin
Pencarian Internet Sebagai Sumber Pembelajaran Bagi Para Guru Sekolah Dasar (
SD ).
1. Pendahuluan
1.1. Latar Belakang
Perkembangan global sekarang ini
begitu pesat. Dalam penggunaan teknologi pun sudang berkembang ke berbagai
bidang. Terutama dalam bidang pendidikan. Seiring perubahan teknologi, pradigma
pembelajaran untuk para murid sekolah dasar SD pun berubah. Tidak hanya
menggunakan buku, tugas untuk para murid SD pun saat ini banyak yang
menggunakan internet ataupun komputer. Sehingga mengharuskan para guru untuk
mempelajari komputer, baik untuk pembuatan soal maupun pencarian bahan materi
untuk pembelajaran murid – murid nya.
Bagaimana jika para guru yang
sudah lanjut usia ataupun guru yang belum memahami benar cara menggunakan mesin
pencarian di internet ?, maka dari itu penulis membuat bahasan atau proposal
penelitian tentang penggunaan search engine ini
Penelitian ini berguna mengetahui
sejauh mana kesulitan para guru dalam melakukan pencarian ataupun cara
menggunduh melalui mesin pencarian tersebut. Agar mereka tidak kalah pintar
dengan murid – murid didiknya yang lebih terbiasa melakukan pencarian seperti
ini dan lebih mahir menggunakan komputer.
1.2. Rumusan Masalah
Untuk memperjelas permasalahan
yang akan diteliti, maka masalah tersebut dirumuskan sebagai berikut :
1. Apakah mesin pencarian (
search engine ) itu ?
2. Bagaimanakah cara menggunakan
mesin pencarian ini ?
3. Faktor apa sajakah yang
menghambat para guru untuk melakukan pencarian di searh engine tersebut ?
1.3. Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui :
1. Membuat para guru yang belum
terbiasa atau belum bisa menjadi mengerti dan paham akan penting nya internet
di masa sekarang
2. Memberikan saran dan cara
penggunaan mesin pencarian dengan benar
3. Faktor-faktor yang mendukung
dan menghambat para guru memanfaatkan internet sebagai sumber belajar.
1.4. Batasan Masalah
Meskipun banyak permasalahan yang
berkaitan dengan pemanfaatan sumber belajar dalam proses pembelajaran, namun
dalam penelitian ini hanya membatasi pada masalah pemanfaatan internet sebagai
sumber belajar bagi guru sekolah dasar.
2. Tinjauan Pustaka
2.1. Pengertian Internet
Internet (inter-network)dapat
diartikan jaringan computer luas yang menghubungkan pemakai computer satu
computer dengan computer lainnya dan dapat berhubungan dengan computer dari
suatu Negara ke Negara di seluruh dunia ,dimana didalamnya terdapat berbagai
aneka ragam informasi Fasilitas layanan internet Browsing atau surfing Yaitu
kegiatan “berselancar” di internet .
Selain pengertian di atas,
internet juga disebut sebagai sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan
situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, maupun perorangan.
Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dari sumber daya
informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia. Layanan
internet meliputi komunikasi langsung (e-mail, chat), diskusi (usenet news,
milis, bulletin board), sumber daya informasi yang terdistribusi (World Wide
Web, Ghoper), remote login dan lalu lintas file (Telnet, FTP), serta berbagai
layanan lainnya.
2.2. Penggunaan Internet Dalam
Pembelajaran
Peralatan berbasis teknologi
informasi yang dikenal dan dapat digunakan dalam pembelajaran antara lain:
email, penugasan dengan sarana web, permainan komputer, sistem pengelola
pembelajaran (learning management systems), daftar surat-menyurat (mailing
list), papan bulletin (bulletin boards) dan multi media.
1. Email
Pada saat ini, penggunaan email
merupakan cara komunikasi yang inovatif dengan peserta didik. Cara
penggunaannya dapat dilakukan secara dialog orang-per-orang(one-on-one dialogs)
pokok bahasan tertentu dan sebagian besar email untuk penugasan. Penggunaan
lain dari email, yaitu “just-in-time-teaching).
2. Penugasan Web
Pengguna dari World Wide Web
terbiasa dengan informasi yang berlebih dan kemudahan dalam menemukan materi.
Di lingkungan pendidikan dan pelatihan sering instruktur memberikan penugasan
melalui web, seperti permintaan kepada peserta didik untuk singgah di situs web
(website) tertentu dan menjelaskan informasi apa yang didapatkan dalam
pembelajaran kelas. Melalui web memberikan peluang kepada instruktur
menjelaskan sumber materi pembelajaran aktual kedalam kelas.
3. Permainan Komputer dan
Simulasi
Penggunaan permainan komputer
sangat populer digunakan dalam pembelajaran dinamis. Permainan untuk
pembelajaran yang disimulasikan di kelas atau secara on-line banyak tersedia
dalam bentuk digital. Beberapa pembelajaran permainan komputer dan simulasi ini
sudah mulai dicoba penggunaannya dalam pendidikan militer dalam mensimulasikan
latihan perang, atau latihan kesiapan satuan tempur.
4. Pengajaran menggunakan Blog
Blog (blok web) merupakan barang
baru di dunia internet. Blog merupakan kelanjutkan dari home page yang bersifat
statis. Dalam blog, intruktur dapat menyatakan pandangan, pengalaman,
pengamatan, pendapatnya. Dalam kasus ini blog dapat menjadi sebuah jurnal
publik, yang memungkinkan pembaca untuk menyampaikan komentar, yang dapat
menjadikan blog sebagai tempat debat publik. Blog dapat digunakan untuk
berbagai tujuan: (1) Digunakan oleh peserta didik untuk memelihara blog mereka;
(2) Instruktur menggunakan blog untuk melaksakan diskusi topik tertentu yang
memerlukan komentar peserta didik; (3) Digunakan oleh peserta didik untuk
membaca dan memberi komentar materi pembelajaran.
3. Metodologi Penelitian
3.1. Desain Penelitian
Penelitian ini menggunakan desain
penelitian survai, yang dipakai untuk tujuan eksplorasi. Penelitian ini
bertujuan untuk menggali informasi tentang pemanfaatan internet sebagai sumber
belajar oleh guru – guru yang belum mengerti penggunaan internet di sekolah
dasar.
3.2. Populasi dan Sampel
Penelitian
Populasi dan wilayah generalisasi
penelitian ini adalah guru sekolah dasar yang berusia antara 35 – 50 tshun.
Sampel penelitian diambil secara proporsional random sampling.
3.3. Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner.
3.4. Teknik Analisis Data
Data yang terkumpul akan
dianalisis secara deskriptif dengan tabulasi dan persentase.
4. Daftar Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar