Minggu, 09 Juni 2013

Bahasa Indonesia 2

Tugas : Contoh Proposal Penelitian

Judul Penelitian : Pemanfaatan Mesin Pencarian Internet Sebagai Sumber Pembelajaran Bagi Para Guru Sekolah Dasar ( SD ).

1. Pendahuluan

1.1. Latar Belakang

Perkembangan global sekarang ini begitu pesat. Dalam penggunaan teknologi pun sudang berkembang ke berbagai bidang. Terutama dalam bidang pendidikan. Seiring perubahan teknologi, pradigma pembelajaran untuk para murid sekolah dasar SD pun berubah. Tidak hanya menggunakan buku, tugas untuk para murid SD pun saat ini banyak yang menggunakan internet ataupun komputer. Sehingga mengharuskan para guru untuk mempelajari komputer, baik untuk pembuatan soal maupun pencarian bahan materi untuk pembelajaran murid – murid nya.

Bagaimana jika para guru yang sudah lanjut usia ataupun guru yang belum memahami benar cara menggunakan mesin pencarian di internet ?, maka dari itu penulis membuat bahasan atau proposal penelitian tentang penggunaan search engine ini

Penelitian ini berguna mengetahui sejauh mana kesulitan para guru dalam melakukan pencarian ataupun cara menggunduh melalui mesin pencarian tersebut. Agar mereka tidak kalah pintar dengan murid – murid didiknya yang lebih terbiasa melakukan pencarian seperti ini dan lebih mahir menggunakan komputer.

1.2. Rumusan Masalah

Untuk memperjelas permasalahan yang akan diteliti, maka masalah tersebut dirumuskan sebagai berikut :

1. Apakah mesin pencarian ( search engine ) itu ?
2. Bagaimanakah cara menggunakan mesin pencarian ini ?
3. Faktor apa sajakah yang menghambat para guru untuk melakukan pencarian di searh engine tersebut ?

1.3. Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :

1. Membuat para guru yang belum terbiasa atau belum bisa menjadi mengerti dan paham akan penting nya internet di masa sekarang
2. Memberikan saran dan cara penggunaan mesin pencarian dengan benar
3. Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat para guru memanfaatkan internet sebagai sumber belajar.

1.4. Batasan Masalah

Meskipun banyak permasalahan yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber belajar dalam proses pembelajaran, namun dalam penelitian ini hanya membatasi pada masalah pemanfaatan internet sebagai sumber belajar bagi guru sekolah dasar.

2. Tinjauan Pustaka

2.1. Pengertian Internet
Internet (inter-network)dapat diartikan jaringan computer luas yang menghubungkan pemakai computer satu computer dengan computer lainnya dan dapat berhubungan dengan computer dari suatu Negara ke Negara di seluruh dunia ,dimana didalamnya terdapat berbagai aneka ragam informasi Fasilitas layanan internet Browsing atau surfing Yaitu kegiatan “berselancar” di internet .
Selain pengertian di atas, internet juga disebut sebagai sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, maupun perorangan. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dari sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia. Layanan internet meliputi komunikasi langsung (e-mail, chat), diskusi (usenet news, milis, bulletin board), sumber daya informasi yang terdistribusi (World Wide Web, Ghoper), remote login dan lalu lintas file (Telnet, FTP), serta berbagai layanan lainnya.

2.2. Penggunaan Internet Dalam Pembelajaran
Peralatan berbasis teknologi informasi yang dikenal dan dapat digunakan dalam pembelajaran antara lain: email, penugasan dengan sarana web, permainan komputer, sistem pengelola pembelajaran (learning management systems), daftar surat-menyurat (mailing list), papan bulletin (bulletin boards) dan multi media.
1. Email
Pada saat ini, penggunaan email merupakan cara komunikasi yang inovatif dengan peserta didik. Cara penggunaannya dapat dilakukan secara dialog orang-per-orang(one-on-one dialogs) pokok bahasan tertentu dan sebagian besar email untuk penugasan. Penggunaan lain dari email, yaitu “just-in-time-teaching).
2. Penugasan Web
Pengguna dari World Wide Web terbiasa dengan informasi yang berlebih dan kemudahan dalam menemukan materi. Di lingkungan pendidikan dan pelatihan sering instruktur memberikan penugasan melalui web, seperti permintaan kepada peserta didik untuk singgah di situs web (website) tertentu dan menjelaskan informasi apa yang didapatkan dalam pembelajaran kelas. Melalui web memberikan peluang kepada instruktur menjelaskan sumber materi pembelajaran aktual kedalam kelas.
3. Permainan Komputer dan Simulasi
Penggunaan permainan komputer sangat populer digunakan dalam pembelajaran dinamis. Permainan untuk pembelajaran yang disimulasikan di kelas atau secara on-line banyak tersedia dalam bentuk digital. Beberapa pembelajaran permainan komputer dan simulasi ini sudah mulai dicoba penggunaannya dalam pendidikan militer dalam mensimulasikan latihan perang, atau latihan kesiapan satuan tempur.
4. Pengajaran menggunakan Blog
Blog (blok web) merupakan barang baru di dunia internet. Blog merupakan kelanjutkan dari home page yang bersifat statis. Dalam blog, intruktur dapat menyatakan pandangan, pengalaman, pengamatan, pendapatnya. Dalam kasus ini blog dapat menjadi sebuah jurnal publik, yang memungkinkan pembaca untuk menyampaikan komentar, yang dapat menjadikan blog sebagai tempat debat publik. Blog dapat digunakan untuk berbagai tujuan: (1) Digunakan oleh peserta didik untuk memelihara blog mereka; (2) Instruktur menggunakan blog untuk melaksakan diskusi topik tertentu yang memerlukan komentar peserta didik; (3) Digunakan oleh peserta didik untuk membaca dan memberi komentar materi pembelajaran.

3. Metodologi Penelitian

3.1. Desain Penelitian
Penelitian ini menggunakan desain penelitian survai, yang dipakai untuk tujuan eksplorasi. Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi tentang pemanfaatan internet sebagai sumber belajar oleh guru – guru yang belum mengerti penggunaan internet di sekolah dasar.

3.2. Populasi dan Sampel Penelitian
Populasi dan wilayah generalisasi penelitian ini adalah guru sekolah dasar yang berusia antara 35 – 50 tshun. Sampel penelitian diambil secara proporsional random sampling.

3.3. Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner.

3.4. Teknik Analisis Data
Data yang terkumpul akan dianalisis secara deskriptif dengan tabulasi dan persentase.

4. Daftar Pustaka



Tidak ada komentar:

Posting Komentar